Senin, 20 Agustus 2012



Ribuan Umat Islam di Hongkong Penuhi Masjid Kowloon

    Allaahu akbar.. Allaahu akbar.. Allaahu akbar.....Laa - ilaaha - illallaahu wallaahu akbar.Allaahu akbar walillaahil - hamd.
Ribuan umat Islam di Hongkong melaungkan kalimat takbir pada ahad (19/8) di Masjid Kowloon , Tsim Tsat Sui – Hongkong.
     Saat matahari terbit di ufuk timur,  umat Islam di Hongkong menunaikan ibadah sholad Idul Fitri 1433H di masjid ini.
    Masjid yang dibangun pada tahun 1896  dan di desain oleh arsitek I.M.Kadri ini mempunyai  kapasitas daya tampung 2000 jemaah, namun setiap sholad Idul Fitri dan Idhul Adha selalu penuh sesak dengan para jemaah.Terutama untuk jamaah perempuan didominasi oleh para Buruh Migran Indonesia (BMI). Pelaksanaan sholad Idul Fitri 1433 H kali ini di bagi dalam 3 sesi, sesi I dimulai jam 7.30 bertindak sebagai iman adalah : Imam M.A.K. Suaibu Noohu Alim, sesi II dimulai pada jam 9.00 bertindak sebagai imam adalah: Mufti Muhamad Arshad, dan sesi III  dimulai pada jam 10.00 bertindak sebagai imam adalah: Haji S.H. Bakar Sahib Faheemi.
    Walaufun khotbah menggunakan bahasa Arab, Urdu, dan Inggris suasana tetap khidmad dan  sholad berjalan  dengan lancar.
     Seorang BMI asal Malang, Siti Mutmainah , ia mengatakan berangkat dari rumah majikan jam 6.00 pagi, karena merasa kuatir tidak akan mendapatkan tempat untuk sholad. “ Saya sangat bahagia dan juga terharu lebaran ini, Mbak. Bahagia karena bisa sholad Id, sedih karena enggak bisa berkumpul dengan  sanak keluarga di kampung,” tambahnya ketika ditemui sebelum sholad Idul fitri dimulai.
      Hal yang sama juga dialami oleh buruh migran asal Philipina, Aisyah Henderneem, ia mengatakan ini adalah sholad Id yang pertama kali di Hongkong. “ I feel happy and thanks to God that everythings is good after ramadhan,” ujarnya.
      Rasheena, seorang warga negara India, yang telah melakukan sholad Id di Hongkong selama 3 kali mengatakan bahwa dia merasa bahagia pagi ini bisa melakukan sholad Id. “Alhamdulilah … I feel very happy and serenity, tonight we will be ied ceremony with my family and my friends.It’s not first time for me to celebrate eid Fitri in Hongkong. I have done it before in India,” ia menjelaskan ketika di temuai  usai  sholad.
Usai sholad Idul Fitri para jamah saling bersalaman dan halal bihalal, dan hal ini juga berlangsung di halaman depan, dan sekitar masjid. (idakediri@ymail.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar