Rabu, 29 Agustus 2012

Lanjutan 10 Konsep Diksi.


    Yup… 10 konsep diksi atau pemilihan kata dalam menulis, menurut Ganjar Harimansyah Wijaya dkk dalam bukunya Bahasa Indonesia:Tata Bahasa dan Komposisi.
Yang ke-3,
     Pilih kata kata yang santun perhalus kata kata kasar. contoh: "Perempuan cantik itu ternyata  seorang pelacur " diperhalus menjadi : "Perempuan cantik itu ternyata kupu kupu malam, atau Perempuan cantik itu ternyata seorang PSK, atau Perempuan cantik itu ternyata suka belaian para pria, atau Perempuan cantik itu ternyata hidup dari bisnis kecantikannya.
Yang ke-4,
    Pilih kata2 yang devinitif.
Contoh: Bencana alam itu menelan korban banyak sekali. (banyak itu berapa????)
              Bencana alam itu menelan 100.000 korban jiwa.
Yang ke-5
    Pilih kata kata yang enak di baca dan di dengar. Contone: Perempuan muda jelita itu pendatang baru yang menghuni rumah sebelah itu tidak suka berbicara. Bukan bisu, tetapi ia lebih suka brtegur sapa dengan senyum dan kilatan cahaya matanya.
Yang ke-6,
     Pilih kata dengan tepat, maksud te: pilihlah kata yang dapat mengungkapkan pikiran sampean.contone: anak itu terus terusan makan  permen karet. “Anak itu tidak pernah berhenti mengunyah permen karet”. Kata makan bisa diganti dengan mengunyah, kata terus terusan bisa diganti dengan tidak pernah berhenti.
Yang ke-7,
Pilih kata kerja aktif, kecuali terpaksa lain.
Contoh nya ea begini: tuan rumah itu dengan garangnya menyeterika kepala pembantu rumah tangganya, seorang tenaga kerja wanita  dari indonesia yang kemudian meninggal dunia dalam perjalanan pulang ke negaranya. (contoh kalimat aktif)
Pembantu rumah tangga itu, seorang tenaga kerja wanita dari Indonesia , diseterika kepalanya oleh tuannya, dan kemudian meninggal dunia  dalam perjalanan pulangnke negara asalnya (conto kalimat pasif)
Yang ke-8,
Pilih padan kata yang ada untuk menghindari pengulangan kata yang berlebihan.( aku rasa dah jelas dah…)
Yang ke-9,
Pilihlah kata kata baku. Contohè  diubah (baku) dirubah(tidak baku) , rubuh (baku) roboh (tidak baku) dll
Yang terakir ke-10,
   Pilih kata asing bila hanya perlu. Contoh: Dia down banget mendengar berita itu, Surprised! Akhirnya dia menikahè(masih bisa di toleran) tapi kalau  seperti kalimat berikut: nanti kita breakfast di beranda (sebaiknya diganti dengan sarapan pagi) you happy happy sajalah disana. (ungkapan you happy happy lah disana yang ngawur mungkin lebih baik diganti dengan kata2 “Anda bersenang-senang.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar