Senin, 24 September 2012

Persiapan Ujian Microsoft minggu ini, 30/09/2012


^^ Shutdown
Tombol ini berfungsi untuk mematikan komputer secara keseluruhan.Saat kita memilih tombol shutdown,semua komponen komputer (RAM, hardisk, prosesor, dll) akan dinonaktifkan,yaitu diputus aliran listriknya.Pada saat ini memori komputer (RAM) dikosongkan,sehingga jika hendak menghidupkan komputer kembali,butuh waktu cukup lama untuk me-load sistem operasi (misal Windows) kembali ke RAM.Ini terkait dengan pentingnya memori bagi komputer dan cara kerja sistem operasi.

^^ Hibernate
Pada tombol hibernate,komponen komputer juga dimatikan secara keseluruhan,sama seperti shutdown.Bedanya,sebelum dimatikan (sebelum mengosongkan RAM),isi dari memori atau RAM tersebut disalin ke harddisk terlebih dahulu,sehingga saat hendak dihidupkan kembali,tidak membutuhkan waktu terlalu lama karena isi RAM sudah ada di harddisk.

** Hibernate dapat menyimpan konfigurasi komputer sebelum dimatikan. Jadi jika misalkan Anda membuka banyak aplikasi kemudian meng-hibernate komputer,saat komputer dihidupkan kembali aplikasi-aplikasi itu masih terbuka seperti kondisi semula (tidak perlu takut kehilangan data). Ini berbeda dengan shutdown yang akan menghapus data Anda jika belum sempat disimpan. Cocok jika Anda hendak meninggalkan komputer dalam waktu yang agak lama.

^^ Stand by
Pada kondisi stand by,komputer tidak dimatikan secara keseluruhan.Semua komponen komputer mati kecuali memori (RAM). Jadi, semua komponen diputus aliran listriknya kecuali RAM (dan prosesor mungkin).Oleh arena itu,modus stand by masih menggunakan listrik untuk memberi daya pada RAM,berbeda dengan shutdown atau hibernate yang benar-benar mematikan komputer.Untuk menghidupkan komputer kembali dari modus stand by jauh lebih cepat dibandingkan hibernate (bisa dibilang instan),karena isi RAM masih dipertahankan.

Sama seperti hibernate, stand by juga menyimpan konfigurasi komputer sebelum di-stand by. Stand by dapat diibaratkan seperti “pause” saat bermain game. Cocok jika Anda hendak meninggalkan komputer dalam waktu singkat.

^^ Sleep
Tombol Sleep dipergunakan untuk membuat komputer tertidur,maksud tertidur disini adalah,windows menyimpan semua aktifitas nya di dalam RAM dan berjalan dengan POWER yang sangat kecil ( listrik yang digunakan sangat sedikit ) dan memungkinkan kembali seperti semula hanya dengan beberapa detik .Hanya saja SLEEP ini hanya bisa berjalan jika masih ada battere,kalau ternyata battere nya mau habis maka komputer akan “Bangun” sendiri dan masuk ke HIBERNATE STATE, yaitu meng-copy semua aktifitas ( memori ) di ram ke dalam HARDISK

^^ Restart
Tombol ini digunakan untuk mematikan PC dan kemudian menghidupkanya kembali.
NB : (thanks m'rina)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar